Wednesday, 21 December 2011

KOST KU ISTANA KU

Sebuah catatan dari Eva Febriany


Hai gays....
Perkenalkan, namaku Eva, Ibu RT Komplek KP 165, usiaku masuk 19 tahun pada Februari 2011 lalu. Sekarang aku sedang menempuh pendidikan di Universitas Palangkara dengan mengambil jurusan Teknik Sipil.
Sejak awal kuliah, aku sudah tinggal di Kost Putri 165. Sejujurnya aku tinggal di sini berawal dari faktor ketidak sengajaan (bukan keinginan sendiri gitu). Aku tinggal di sini hanya karena ajakan teman, namun setelah dijalani aku jatuh cinta dengan kost ini. Hehehe....
Menurut teman-temanku yang pernah berkunjung ke kost ku ini, katanya kost ku ini bangunannya elit, unik karena disalah satu bagian bangunannya ada yang menyerupai kapal dan pokoknya bagus dech menurut mereka. Ehm...ternyata teman-temanku hebat ya menilai sesuatu, yach karena memang begitulah adanya.
Kost ku ini memang unik dan untuk kisaran kota tempat tinggalku ini memang sangat jarang di temukan bangunan kost seperti ini, bahkan hingga sampai saat ini aku belum pernah menemui bangunan kost yang mmenyerupai atau bahkan meyerupai kost- an ku ini. Justru yang sedang mejaur saat ini kost- an dengan model memanjang, bertingkat dan atau saling berhadapan antara bangunan yang satu dengan yang lainnya tanpa memberikan sedikit nuansa artistik membuat bangunan-banguna kost itu kelihatan sangat monoton.
Dari depan kost ku tidak tampak seperti kost-an, bahkan bisa dikatanak lebih mirip rumah tinggal, makanya tidak jarang teman-temanku yang ingin berkunjung, suka nyasar mencari kost-an ku ini, karena tidak menyangka kalau rumah yang mereka kira rumah tinggal tersebut ternyata kost-an. Hehehe.....
Ketika kita memasuki kost-an ku, maka yang pertama kita temui adalah sebuah ruangan yang cukup luas yang berfungsi sebagai ruang tamu yang di desain sedemian rupa sehingga terasa nyaman untuk menerima tamu ataupun belajar kelompok bersama teman-teman. Diruangan tersebut kita akan menemui sebuah TV merk Toshiba (eits...gak maksud promosi ya...) berukuran 29 inch lengkap dengan jaringan TV berlangganannya, Indovision (jadi puas dach nontonnya). Kemudoan kita juga akan menemui 2 buah aquarium berukuran sedang yang diletakkan di kedua sudut ruangan sehingga semakin mempercantik ruangan tersebut.
Diruangan tersebutpun terdapat dua meja beserta kursi-kursinya yang sengaja diletakkan untuk menunjang fasilitas belajar bagi penghuni Kost Putri 165 (KP 165). Dan yang tak kalah menarik, pada dinding ruangan ditempel mading Kost Putri 165 yang didalamnya terdapat banyak sekali kumpulan cerita-cerita yang ada di kost ini. Ada cerita tentang ulang tahunnya anak Kost Putri 165,cerita tentang penghuni kost yang lagi tamsya bersama, cerita tentang kepedulian antar sesama penghuni kost saat diantara mereka ada yang sakit, sampai pada foto penghuni kost yang lagi mojok dengan pacarnya. Kemudian di dinding itu pula kita akan temukan sebuah lukisan karya Papi. Aku mengira lukisan itu karya pelukis profesional, eh… ternyata itu karya seorang amatiran. Hehehe.... tapi tenang Pi, lukisannya bagus kok…. Wuueeekkk….
Papi, ya Papi adalah salah satu icon kost putri 165 ini. Mungkin tanpa Papi kost ini bagai sayur tanpa garam. Hehehe...tapi itu bener kok. Papi ini kerjaannya keluar masuk penjara. Sudah pasti di benak kita itu tergambar seraut wajah garang nan seram. Kejam, pembunuh berdarah dingin, tapi ternyata diluar dugaan dia seorang yang sangat lembut dan murah senyum. Prikitiuuww… bahkan jika berkumpul dengan kami para leadis, jiwa pink-nya keluar (tapi dia tetap macho kok.. heheh…). Sifatnya yang sufel, apa adanya dan tidak pilih teman sehingga membuat kami semua sangat akrab sama Papi.
Oo ya, Papi juga teman berantemku. Berantem mulut sich… saling olok-olokan atau debat pendapat yang pada akhirnya selalu aku lah the winner-nya. Yeah..aku adalah sang pemenang. Hehehe… Secara tidak langsung, sikap dia telah mengajarkan kami tentang pentingnya kebersamaan. Perilakunya mencontohkan kami untuk selalu mengeratkan rasa persaudaraan kami anatara anak-anak kost sebagai seorang perantau yang jauh dari keluarga. Pokoknya Papi the best dach (meskipun kadang menyebalkan..hahaha…)
Lanjut ke masalah ruangan…
Nah yang paling menarik di ruangan ini adalah kaca transparan besar sebagai sekat pengganti dinding, sehingga pemandangan yang ada di dalam lingkungan Kost Putri 165 dapat terlihat dengan jelas. Taman beserta 30 kamar yang tersusun rapi serta sebuah bangunan kost yang unik karena desainnya yang mirip dengan kapal juga dapat terlihat jelas dari balik kaca besar tersebut. Keunikan dan keindahan kost – ku ini tidak kalah pula dengan keunikan dan keindahan kebersamaan yang tercipta di keluarga besar Kost Putri 165 ini. Kebersamaan kami cukup erat, baik antara sesama penghuni Kost Putri 165 maupun antara pemilik kost, yang biasa kami sebut Om Bos. Hal tersebut tampak jelas dari segenap aktivitas yang tidak pernah fakum di kost putri 165. Baik itu perayaan ulang tahun anak-anak Kost Putri 165 yang makanannya di masak bersama, ataupun kegiatan bertamasya bersama samapai kegiatan kecil seperti luluran bersama. Hehehe.. om Bos beserta istrinya juga turut andil dalam kebersamaan ini. Meskipun beliau orang yang sibuk, sering bolak balik keluar kota tapi beliau selalu menyempatkan diri minimal seminggu sekali untuk menjenguk kami. Dan saat yang paling menyenangkan adalah ketika Om Bos pulang dari luar kota karena kami akan di bawakan oleh-oleh, apakah itu donking donat, ataukah buah-buahan, ataukah yang lainnya yang dapat dinikmati bersama anak-anak Kost Putri 165. Hehehe…
Begitulah sekilas gambaran tentang kost – ku, menarik bukan..?
Tunggu cerita-cerita selanjutnya ya…

3 comments: